UGM and the Goal

>> Monday, September 07, 2009

Akhirnya aku bisa ngeblog dan buat tulisan disini lg. Banyak hal yang sebenarnya ingin aku bagi buat para blogger, namun kadang ada beberapa kesempatan yag ada tapi aku gag sempat.

Well, selama ini aku memang belum pernah buat postingan baru mengenai Jogja "kehidupan baru di daerah baru", haha.. lucu juga namanya. Selama ini aku disibukkan dengan tugas-tugas kuliah yang menumpuk kayak hantu belau, meskipun dalam hati kecil aku butuh dan senang dengan tugas-tugas itu, LOL.

Kesibukan yang super sibuk, kalimat yang tepat ketika menggambarkan diriku saat ini, mulai dari aktivitas kuliah, organisasi (meskipun masih jd anak buah) dan juga pulang/ pergi kuliah yang memakan banyak waktu (rumah jauh). Jarak dari rumah ke kampus sekita 20 menit, dan ketika macet di Malioboro waktunya bertambah 10-15 menit.

Sebenanya ada beberapa hal yang sempat menggantung mengenai langkah apa yang akan kuambil ketika masuk Fakultas Hukum UGM. Aku bingung, apakah aku akan mengambil suatu langkah, yakni menjadi aktivis di kampus atau hanya menjadi mahasiswa yang hanya fokus terhadap materi pembelajarannya.

Awalnya pertanyaan ini sempat ku suarakan di facebook dan ternyata banyak sekali teman-teman yang memberi masukan mengenai itu, pada intinya adalah aku harus berfikir "fight" yakni mengambil langkah berani untuk menjadi aktivis sambil berjuang untuk menjadi yang terdepan dalam mencapai target maksimal pembelajaran.

Kenapa aku terobsesi (mencoba) ikut bagian dalam pergerakan dan aktivis mahasiswa?
ada beberapa hal yang menjadi alasan yang membuatku MESTI ikut:

  1. Keinginan yang besar untuk menjadi seorang tokoh, aktivis yang mampu membawa perubahan positif untuk masa depan bangsa.
  2. Bukan tipe orang yang cuek terhadap hal-hal yang bersifat (kepentingan) bersama.
  3. Bukan tipe pelajar yang cukup senang terhadap materi pembelajaran yang ada di kelas, butuh suasana baru maupun pola pembelajaran di luar kelas yang bersifat edukasi dan kemerdekaan berfikir.
  4. Melihat flashback sewaktu SMA, banyak bidang yang aku ikuti dan menjadi pilar penting dalam organisasi tersebut dan juga aku sangat menyenangi organisasi.
  5. Memanfaatkan kebesaran UGM sebagai almamaterku, aku pikir poin ini juga sangat berpengaruh.
  6. Tokoh-tokoh besar seperti Anies Baswedan, Denny Indrayana, Febri Adriansyah dll merupakan orang cerdas yang juga tangguh dilapangan, artinya mereka juga aktif dalam organisasi kampus.
Ingin tampil di publik dan memilih menjadi aktivis adalah pilihan dan itu bukan sekedar menjual image atau tebar pesona semata melainkan ingin memberikan sedikit konstribusi demi kemajuan dan kebaikan bangsa kedepan.

Aku pikir sudah selayaknya generasi muda memberikan konstribusi bagi negaranya dan tidak lagi memikirkan dirinya sendiri, mulailah bermimpi dan menawarkannya untuk masa depan bangsa, karena kita sebagai generasi muda hanya bisa menawarkan mimpi dan tidak mungkin generasi muda menawarkan masa lalu.

Menurutku juga, bangsa ini sudah keropos. Generasi tua sudah pada sibuk ngurus kehidupan mereka, atau kalaupun ada yang ikut sibuk, itupun memiliki tanda tanya besar, apakah keikut sertaannya itu memang ikhlas demi masa depan bangsa atau malah hanya ingin menghabiskan uang negara dan menikmati kehidupan tuanya dengan bergelimpangan harta disamping kiri dan kanannya, haha.. setiap harinya ada 37 kasus korupsi yang diterima oleh KPK, itu hanya diterima dari pengaduan masyarakat saja, belum lagi yang terjadi di sekeliling kita. Hahaha... capek ngomongi itu, lain kali aja kita bahas, ok.

Well, Mengecap pendidikan di Gadjah Mada merupakan suatu anugrah tersendiri, bisa dibayangkan berapa banyak para pakar dan ilmuan terlahir dari universitas kerakyatan tersebut.

Aku berharap, ketika akhir nantinya aku akan menjadi bagian (pemain) dari peradaban sejarah UGM yang mampu menorehkan prestasi dan membawa Indonesia kedepan menjadi lebih baik, BUKAN sebagai "penonton setia" sejarah yang hanya bisa bersuara di dalam gua kegelapan tanpa ada kontribusi nyata bagi masa depan bangsa.


Kraton, Yogyakarta, Sept 10, 2009

0 comments:

Post a Comment

Blogger Friends

A Adni School Adam Wamback Arya Ari Laboh Asdiki Azizah Aje Ahlul Asma B Pesta Blogger C Cipuk D Dina mbah Doni Saktiawan Dewi Pertiwi Dewa Desi Martika E Eko Endi F Fajar Fadhil Thresna Fatahillah Akbar G Gibran H Hendrawan Hesa Hassan Harsya I Irene Adik J Joni K Kokok L Lagaligo M Multi N Novi_Nova P Piko Prayoga R Rifqi Ikhwanuddin S Sakeena U Ust Muallimin Y Yoyok Yogi Yugo
Copyrigth© 2008 7on1 Sponsored By Babussalam
MOHD. SULTHONI
Free, Independent & Do What He Wants to Do
Student @ Faculty of Law
5 Semester, Gadjah Mada University Live in Jogjakarta From Pekanbaru, Indonesia, ID
7on1@mail.com
Babussalam

  © Blogger template by Forza Internazionale 2011

Back to TOP